Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya



Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya
Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya


devilserial.com - Bagi pengguna komputer terdapat istilah perangkat lunak atau software yang tidak asing bagi mereka. Namun, belum semua mengerti jenis-jenis perangkat lunak beserta  fungsinya secara lengkap.

Sistem ini mempermudah seseorang dalam mengerjakan sesuatu di komputer. Mulai dari membuat dokumen, gambar, dan video. Semua berkat kemajuan teknologi yang diciptakan manusia.

Apa Saja Jenis-Jenis Perangkat Lunak Komputer?

perangkat lunak adalah suatu sistem yang menghubungkan mesin atau hardware dengan pengguna sebagai jembatan interaksi dengan komputer. 

Pada dasarnya perangkat lunak dan perangkat keras harus saling melengkapi. Sehingga dapat mengerjakan instruksi dari pengguna komputer. Berikut jenis-jenis perangkat lunak atau software komputer dan penjelasan fungsinya yang perlu diketahui. 

Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

1. Internet Browser

Perangkat lunak ini berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari internet berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Contohnya antara lain Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox.

2. Microsoft  Office

Microsoft merupakan perusahaan pengembang software yang populer. Itu karena programnya digunakan hampir seluruh pengguna komputer. Microsoft Office mencakup Word, Excel, dan PowerPoint. Semua sangat dibutuhkan dalam pengolahan data, pengolahan kata, dan pekerjaan lainnya 

3. Linux

Sistem operasi yang mengadopsi desain dazar dari UNIX dan menggunakan kernel monilotik yang menangani kontrol koneksi dengan perangkat keras komputer.

4. Adobe Photoshop

Perangkat lunak ini berkaitan dengan pengolahan gambar. Sehingga pengguna dapat membuat, mengolah, dan menyusun sebuah gambar. Adobe juga menyediakan perangkat lunak lain seperti Adobe Ilustrator, Adobe Premiere, semua memiliki fungsi masing-masing.

5. Messenger

Perangkat lunak ini digunakan untuk mendukung aktivitas komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya atau yang biasa disebut chatting. 

6. Blender

Blender adalah perangkat lunak grafika 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video.

Baca Juga : Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak sesuai huruf

7. Freeware dan Open Source

Freeware adalah perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis tanpa adanya batasan waktu. Namun, sebagian besar perangkat lunak freeware memiliki fitur yang tidak sempurna. Sedangkan open source adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya dapat diakses oleh publik, sehingga dapat diubah, ditingkatkan, dan didistribusikan kembali 

Jenis-jenis perangkat lunak ini menjadi penyedia fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengguna komputer. Setelah mengetahui penjelasannya, akan mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Yuk!! Beli Produk Kami yang Ada diShopee, Silahkan Klik Link diBawah Ini!!

PRINTER BLUETOOTH DESKTOP THERMAL KASIR

https://s.shopee.co.id/30U2AZkZtd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting