Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu

Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu





Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu
Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu




devilserial.com - Cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang saat mati lampu sebenarnya mudah dilakukan. Kasus ini sebenarnya sangat wajar terjadi karena jaringan tidak selamanya dalam kondisi yang stabil.

Kondisi sinyal Telkomsel yang hilang, tentu bisa mengganggu aktivasi. Hal tersebut dapat membuat banyak orang kerepotan. Sebab, jaringan tidak bisa digunakan untuk menerima telepon, SMS, dan mengakses Internet.

Dikutip dari Kumparan Tech, salah satu penyebab hilangnya sinyal Telkomsel saat mati lampu karena terganggunya sistem menara BTS atau Base Transceiver Station milik Telkomsel. Menara ini digunakan untuk memancarkan sinyal 2G hingga 4G dengan sumber listrik dari PLN.

Apabila terdapat gangguan pada pasokan listrik seperti mati lampu, menara sinyal tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal. 

Sebagian pemancar sinyal di Indonesia sudah dilengkapi dengan baterai cadangan. Namun, banyak juga BTS yang belum dilengkapi dengan bateri cadangan tersebut.
Tak heran apabila pemadaman listrik terjadi, sinyal Telkomsel di beberapa daerah akan hilang. Jika mengalami kondisi tersebut, kamu tidak perlu panik. Karena, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu


Dikutip dari laman Telkomsel, cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang saat mati lampu bisa dilakukan dengan beberapa metode berikut ini.

Pergi ke luar rumah
Pada dasarnya, kekuatan sinyal ponsel akan berkurang jika berada di dalam rumah. Hal ini karena adanya penghalang seperti tembok atau dinding. Oleh sebab itu, pindahlah ke luar rumah agar mendapatkan jaringan sinyal yang lebih kuat.

Pindah ke lokasi lain
Jika di luar rumah belum mendapatkan sinyal, kamu perlu berpindah ke lokasi lain yang sekiranya memiliki jaringan sinyal kuat. Misalnya, beberapa ratus meter dekat lokasi BTS di daerahmu.

Aktifkan mode pesawat terbang
Mengaktifkan mode pesawat terbang bisa menjadi alternatif untuk memulai ulang jaringan. Hidupkan mode pesawat terbang dan tunggu sekitar tiga menit, kemudian matikan kembali. Setelah itu, sistem pada ponsel akan mencari jaringan baru yang ada di sekitar.

Atur Ulang APN
Jika jaringan tak segera muncul setelah mode pesawat terbang dilakukan berulang kali, kamu bisa memeriksa ulang APN Telkomsel di ponsel. Kamu dapat melakukannya melalui menu pengaturan di kartu SIM dan memilih menu ‘APN’ yang tertera.


Restart Ponsel
Apabila sinyal belum muncul, kamu bisa memulai ulang atau restart ponsel. Hal ini bisa membantu untuk menghentikan eror yang menyebabkan sinyal tidak kunjung muncul.

Tunggu jaringan kembali normal
Jika cara di atas tetap tidak bisa dilakukan, kamu harus menunggu jaringan kembali normal. Sebab, beberapa BTS bisa saja kehabisan daya listrik sehingga perlu menunggu sumber listrik dari PLN.

Hubungi Call Center Telkomsel
Apabila jaringan Telkomsel tidak kunjung muncul, kamu bisa menghubungi layanan operator Telkomsel pada kontak berikut:
Layanan pelanggan (Customer Service): 08071811811
Situs resmi: Telkomsel.com
Twitter: @Telkomsel

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Saat Mati Lampu
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Yuk!! Beli Produk Kami yang Ada diShopee, Silahkan Klik Link diBawah Ini!!


https://s.shopee.co.id/10iacEEeZs


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting