Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal

Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal






Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal
Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal



devilserial.com - Cara membersihkan RAM laptop memang beragam. RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi menyimpan data secara sementara dan menjalankan sejumlah program.

Umumnya, kecepatan memori RAM berpengaruh terhadap performa laptop saat digunakan. Bila laptop yang digunakan terasa semakin lambat, bisa jadi disebabkan oleh RAM yang penuh.

Maka dari itu, RAM perlu dibersihkan secara berkala. Namun, tak semua pengguna laptop menyadari dan mengetahui cara membersihkannya.

Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal

Dirangkum dari berbagai sumber, demi mengatasinya berikut 8 cara mudah dan benar membersihkan RAM supaya performa jadi optimal.

1. Restart laptop

Cara paling umum untuk membersihkan RAM laptop adalah dengan melakukan restart laptop. Umumnya, setelah restart ulang, RAM laptop akan kembali normal seperti awal.

Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan program dan aplikasi yang menggunakan resource RAM yang besar.

Tanda untuk melakukan restart laptop adalah ketika ada beberapa program aplikasi yang sudah not responding atau laptop berjalan semakin lemot, maka Anda bisa melakukan restart.

Sebelum melakukan restart komputer pastikan semua data pekerjaan Anda sudah tersimpan. Restart ini akan mengembalikan fungsi RAM laptop seperti semula.

2. Mematikan proses di Task Manager

Selain melakukan restart, Anda juga bisa mematikan program yang memakan resource RAM di Task Manager.

Dengan cara ini, Anda bisa melihat secara langsung aplikasi yang menggunakan RAM besar, jika ketemu Anda bisa langsung melakukan “End task”. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Masuk ke Task Manager terlebih dahulu. Kemudian pencet tombol “Ctrl + Alt + Delete”. Bisa juga dengan membuka lewat Taskbar Windows kemudian pilih Task Manager atau lewat kolom Search tulis “Task Manager”.

- End task di Task Manager

- Jika sudah terbuka silahkan pilih aplikasi atau program yang memakan banyak RAM laptop kemudian “End task”.


3. Uninstall program yang tidak penting

Bagi Anda yang sudah terlalu banyak program, cara ini bisa dipilih. Namun perlu diketahui, sifatnya permanen dan berbeda dengan dua cara sebelumnya.

Anda bisa uninstall program tidak penting yang terinstall di laptop. Untuk melakukan uninstall program aplikasi, Anda bisa langsung menuju ke menu Settings > Apps > Apps & features.

Kemudian Anda bisa Sort by Install date untuk melihat aplikasi lama yang tidak terpakai. Jika ketemu Anda bisa klik pada aplikasinya kemudian pilih “Uninstall”.

4. Mematikan program berjalan otomatis

Saat pertama kali laptop dihidupkan, ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. Perlu dipahami, program ini secara otomatis akan menggunakan resource RAM laptop sehingga saat dibutuhkan untuk aplikasi lain RAM sudah full.

Caranya Anda bisa masuk ke Task Manager > Startup. Silahkan pilih aplikasi yang tidak terpakai saat load pertama kali, klik kanan pada bagian “Status” kemudian pilih “Disable”.

5. Pilih aplikasi yang ringan

Langkah yang mudah dan kerap dipilih bagi pengguna laptop dengan RAM kapasitas kecil adalah memilih aplikasi yang membutuhkan RAM kecil.

Ada beberapa aplikasi yang memang membutuhkan RAM besar untuk bisa bekerja seperti Adobe Photoshop, Adobe Premier dan sejenisnya. Jika Anda membutuhkan aplikasi seperti itu, cara mengatasinya adalah dengan melakukan substitusi program sejenis seperti Paint, Wondershare Filmora atau aplikasi sejenis yang membutuhkan RAM lebih kecil.


6. Tambahkan memori virtual

Ada cara mudah lain yang bisa membantu meringankan kinerja laptop, yakni dengan menambah memori virtual laptop. Memori virtual dapat menambah kinerja RAM sehingga bisa berjalan lebih stabil tidak cepat penuh.

Secara default Windows sudah melakukan alokasi otomatis, tetapi Anda bisa meningkatkan kapasitasnya. Cara menambah memori virtual Windows sebagai berikut:

- Masuk pada Control Panel > System and Security.

- Kemudian pilih menu System > Advanced system settings > Advanced kemudian pilih “Settings” pada sub menu Performance.

- Pilih menu Advanced < Virtual memory > Change.

- Hapus centang pada “Automatically manage paging file size for all drives” kemudian pilih “Custom size”.

- Silahkan masukkan besaran memory kemudian pilih “Set”, jika semuanya sudah silahkan klik “OK” pada bagian bawah.

7. Scanning malware dan virus

Selain cara di atas, Anda bisa melakukan scan virus atau malware yang ada di laptop, apalagi jika laptop sering digunakan untuk browsing atau pindah data dengan flashdisk.

Virus atau malware dapat membuat kinerja RAM menjadi lebih berat karena membuat program berjalan lebih berat. Sebaiknya Anda memasang antivirus laptop terbaik untuk menangkal program-program jahat tersebut.

Tak lupa lakukan scanning virus mingguan/bulanan secara rutin agar mencegah virus dan malware semakin menyebar luas.

8. Gunakan aplikasi RAM Cleaner

RAM Cleaner adalah aplikasi untuk optimasi kinerja RAM pada laptop dan komputer. Cara kerjanya dengan mematikan aplikasi yang idle/tidak digunakan sehingga resource RAM bisa lebih besar.

Beberapa aplikasi RAM Cleaner yang bisa Anda coba seperti Ccleaner, Ashampoo Winoptimizer, RAMRush, IObit, Memory Optimizer dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Membersihkan RAM Laptop Supaya Performa Jadi Optimal
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Yuk!! Beli Produk Kami yang Ada diShopee, Silahkan Klik Link diBawah Ini!!

https://s.shopee.co.id/LT57tRBpU


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting